Dikirimkan pada

STUDI TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP BAHAYA ROKOK DI SMA NEGERI 1 TIRAWUTA KECAMATAN TIRAWUTA KABUPATEN KOLAKA TAHUN 2011

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Rokok merupakan masalah kesehatan masyarakat karena rokok merupakan faktor resiko dari beberapa penyakit antara lain penyakit kardiovaskular, penyakit serebrovaskuler, impotensi, berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh berbagai bahan kimia atau partikel yang ada di dalam asap rokok tersebut (Ekawati, 2010).
Kerugian yang ditimbulkan rokok sangat banyak bagi kesehatan. Tapi sayangnya masih saja banyak orang yang tetap memilih untuk menikmatinya. Dalam asap rokok terdapat 4000 zat kimia berbahaya untuk kesehatan, dua diantaranya adalah nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik (Asril, 2002).
Kebiasaan merokok meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan penyakit ganggguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Pasien-pasien perokok juga beresiko tinggi mengalami komplikasi atau sukarnya penyembuhan luka setelah pembedaan termasuk bedah plastik dan rekontruksi, operasi plastik pembentukan payudara dan operasi yang menyangkut anggota tubuh bagian bawah (Anonim, 2008).
Untuk skala nasional, biaya penanggulangan dampak negatif rokok lebih besar dari pada pemasukan yang diperoleh dari produksi rokok. Untuk pemakaian yang meluas di masyarakat seperti Indonesia, dampak negatif dari konsumsi rokok adalah tingkat kesehatan yang rendah, angka kematian yang tinggi, tingkat kecerdasan yang rendah, tingkat cacat tubuh bawaan yang tinggi, dan kemiskinan yang merata. Pemasukan yang didapat oleh negara dari cukai rokok tidak akan cukup untuk memperbaiki dampak negatif tadi (Subagyo, 2007).
Pengetahuan merupakan faktor internal berperilaku sebagaimana didefenisikan Notoadmojo sebagai hasil dari tahu dari apa yang terjadi setelah orang melakukan pengideraan terhadap suatu objek tertentu, dengan pengetahuan yang dimiliki (Notoadmojo, 2007).
Sedangkan sikap adalah pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap yang objek. Jadi sikap senantiasa terarah terhadap suatu hal, dan suatu obyek, tidak ada sikap tanpa obyek (Purwanto, 1998).
Konsumsi rokok masyarakat Indonesia ternyata masih cukup tinggi. Survei Sosial Ekonomi Nasional 2004, menunjukkan bahwa penduduk usia 15 tahun ke atas yang merokok tercatat sebanyak 34,44%, terdiri dari merokok setiap hari 28,35% dan kadang-kadang 6,09%. Riset Kesehatan Dasar (2007) menunjukkan bahwa penduduk usia lebih dari 10 tahun yang merokok setiap hari sudah mencapai 23,7%. Secara nasional persentase yang merokok tiap hari tampak tinggi pada kelompok umur produktif 25-64 tahun dengan rentang rerata 29% sampai 32% (Imam, 2009).
Saat ini, terdapat 1.100 juta penghisap rokok di dunia. Tahun 2025 diperkirakan akan bertambah hingga mencapai 1.640 juta orang. Setiap tahunnya, 4 juta orang meninggal dunia karena kasus yang berhubungan dengan tembakau. Tahun 2030, gambaran ini akan meningkat mencapai angka 10 juta. Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1999, sekitar 250 juta anak-anak di dunia akan meninggal karena tembakau apabila konsumsi tembakau tidak dihentikan (Imam, 2009).
Menurut survei di beberapa SMP di Jakarta, setiap siswa di sekolahnya mulai mengenal bahkan mencoba merokok dengan presentase 40% sebagai perokok aktif yang terdiri atas 35% putra dan 5% putri. Dan berdasarkan pemantauan lanjutan dari para pelajar yang merokok itu sebanyak 25% Drop Out. Kebiasaan merokok bagi para pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, terpengaruh dengan iklan atau terbujuk rayuan teman. Diperoleh dari hasil angket Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77% siswa merokok karena ditawari teman (Imam, 2009).
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Tirawuta Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka yang dimana siswanya berjumlah 534 Orang, dengan membagikan angket pada tanggal 14 Desember 2010 kepada 75 orang siswa, dengan hasil 28 orang atau 37 % diantaranya mengaku sebagai perokok aktif, dan 47 orang atau 63 % mengaku tidak merokok. Hasil penelitian awal ini didukung dengan adanya 10 orang siswa yang kedapatan merokok di luar lingkungan sekolah di tempat yang berbeda dengan masih menggunakan seragam sekolah. Dan berdasarkan pengamatan lanjutan dari para pelajar yang merokok tersebut, rata – rata mereka mencoba untuk merokok karena terpengaruh oleh teman.
Berdasarkan data tersebut dan dengan melihat kejadian yang terjadi di SMA Negeri 1 Tirawuta, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Studi Tentang Pengetahuan dan Sikap Siswa Terhadap Bahaya Rokok di SMA Negeri 1 Tirawuta Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Tahun 2011”.
B. Rumusan Masalah
Dari uraian tersebut diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pengetahuan dan Sikap Siswa Terhadap Bahaya Rokok Di SMA Negeri 1 Tirawuta, Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka ?
C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Terhadap Bahaya Rokok Di SMA Negeri 1 Tirawuta Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka.
2. Tujuan Khusus
a. Untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan siswa SMA Negeri 1 Tirawuta terhadapa bahaya rokok di SMA Negeri 1 Tirawuta
b. Untuk mengidentifikasi sikap siswa SMA Negeri 1 Tirawuta terhadap bahaya rokok di SMA Negeri 1 Tirawuta.
D. Manfaat Penelitian
1. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi bagi pihak sekolah SMA Negeri 1 Tirawuta untuk semakin meningkatkan pengawasan, bimbingan dan penyuluhan pada siswa mengenai bahaya rokok.
2. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi penelitian lain di lingkungan AKPER Pemda Kolaka
3. Sebagai bahan agar diperoleh gambaran pengetahuan siswa terhadap bahaya rokok di SMA Negeri 1 Tirawuta

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s